Minggu, 19 Februari 2012

Perbedaan RC212V dengan RC213V

HRC : Perbedaan RC212V Dengan RC213V Terletak di Gigi Ke-5 dan Ke-6

Sejak perubahan regulasi balap yang ditetapkan oleh penyelenggara MotoGP 2012 memutuskan untuk menggunakan motor 1000cc, berbagai pertanyaan soal perbedaan yang paling mencolok dengan era motor 800cc kemudian mengemuka. Banyak kalangan yang memprediksi jawaban untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada yang benar dan ada juga yang tidak akurat.
Tapi seperti dikutip dari laman Crash beberapa waktu lalu, Honda Racing Coorporation (HRC) mengatakan bahwa perbedaan mendasar dari kedua mesin itu hanya terletak pada gigi ke-5 dan ke-6.
“bahkan dengan kapasitas 800cc kami masih harus mengurangi daya hingga gigi ke-4. Jadi, dibandingkan dengan 800cc, motor 1000cc kami memiliki lebih banyak tenaga di gigi 5 dan 6,” ujar Shuhei Nakamoto, Vice President HRC, dikutip dari laman Crash.
Nakamoto juga menambahkan, bahwa RC213V akan lebih cepat di lintasan lurus, dan karena motor ini lebih kencang maka ia mengharapkan para ridernya bisa menginjak rem lebih cepat diatas motor 1000cc tersebut.
“Sementara itu, untuk performa motor ketika di tikungan sangat dipengaruhi oleh chassis dan ban, yang mana hal itu tidak begitu beda jauh dengan motor 800cc. Jadi saya pikir, lap time mungkin lebih cepat tapi perbedannya tidak akan terlalu jauh,” tukas Nakamoto.
Sebagai catatan, selama ujicoba motor di Sirkuit Sepang beberapa waktu lalu, Casey Stoner mencatatkan waktu terbaik dengan best lap time kurang dari dua menit. Tapi hal itu tidak lebih baik ketimbang ujicoba musim dingin 800cc tahun lalu sebelum gelaran MotoGP 2011 dimulai. Honda sendiri kini tengah melanjutkan pengembangan RC213V agar siap untuk menghadapi pembukaan MotoGP2012 di Sirkuit Losail, Qatar, April mendatang. begitulah beritanya, dan saat saya mencoba di sircuid ternyata memang benar.. hahahaha...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar